Evaluasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Aspek Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA (Negeri/Swasta) Sekota Depok

Asep Kusnadi, Watini Watini

Abstract


Berdasarkan  opini  masyarakat  khususnya  dunia  pendidikan,  saat ini  di  lingkungan  sekolah  telah  terjadi  pengabaian  pengembangan  sikap, dalam  implementasi  Kurikulum  2013,  di  dalamnya  terdapat  perubahan pada  sederetan  penataan  terhadap  Standar  Nasional  Pendidikan  yaitu, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

Beberapa  kegiatan  menyimpulkan:  (1)  imtaq  dan  tadarus  dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami Alquran; (2) menghafal surat-surat  pendek  Juz  30;  (3)  menghafal  asmaulhusna;  (4).  berdoa sebelum  belajar;  (5)  menyanyikan  lagu  Indonesia  Raya  setiap  Senin  pagi; (6)    membiasakan  salat  duha;  (7)  puasa  sunah  khususnya  Senin  dan  Kamis; (8)    salat  Zuhur  berjamaah;  (9)  pengajian  rutin  khusus  di  setiap  SMA  Kota Depok;  (10)  kegiatan  bimbingan  rohani  Islam;  (11)  kegiatan  peringatan- peringatan Hari Besar Islam seperti memperingati Maulid Nabi, Isra’ Mikraj, penyelenggaraan  salat  Idul  Adha  berjamaah  dan  ceramah  idul  Adha,  dan (12)  bertakziah  yang  dapat  membangun  sikap  spiritual  siswa;  (13)  kegiatan bakti sosial yang dapat membentuk rasa peduli siswa seperti saling membantu dengan  mengunjungi  panti-panti  santunan  anak  yatim,  memberikan  daging kurban bagi masyarakat setempat yang kurang mampu.


Keywords


Evaluasi; Penilaian Autentik; Kurikulum 2013; Afektif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.