Implementasi Kurikulum EECS (Entertainment, Entrepreneur, Conceptualizer And Spirituality) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa

Eva Fitriati

Abstract


Lembaga-lembaga  pendidikan  di  Indonesia  diharapkan  berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik sebagai individu  sosial  dan  generasi  penerus.  Namun,  faktanya  hal  tersebut  masih jauh  dari  harapan.  Bahkan,  dikatakan  pendidikan  di  Indonesia  ini  belum menyentuh  pentingnya  kecerdasan  interpersonal  dalam  membangun kesuksesan.  Keadaan  tersebut  menggerakkan  SMP  Gelora  Depok  untuk melakukan  inovasi  dan  gebrakan  baru,  yaitu  mengimplementasikan Kurikulum  EECS  guna  mendukung  upaya  sekolah  dalam  mempersiapkan siswa  menjadi  generasi  pemimpin  yang  cerdas  dalam  segala  aspek,  salah satunya  adalah  cerdas  dalam  interpersonal.  Dalam  implementasinya, kurikulum  EECS  di  SMP  Gelora  Depok  diintegrasikan  pada  setiap  mata pelajaran  dan  menginternalisasikannya  ke  dalam  perilaku  siswa  melalui leadership dan budaya sekolah. Dengan demikian, hal ini juga berimplikasi pada peningkatan kecerdasan interpersonal siswa.

Keywords


Kurikulum; kecerdasan interpersonal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.