Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme Islam di SMA Sejahtera Depok

Arif Mulyadi, Lativa Novidasari

Abstract


Fakta-fakta menunjukkan bahwa ideologi radikal atau paham radikalisme telah berkembang demikian marak sehingga menembus batas-batas pendidikan formal dan nonfomal. Sekolah-sekolah menengah di perkotaan khususnya SMA merupakan  target  potensial  yang  disasar  kaum  radikalis  melalui  kegiatan ekstrakurikuler khususnya rohani Islam atau kegiatan rohis. Melalui kegiatan rohis  tersebut,  yang  sering  kali  mentornya  dari  sesama  siswa  atau  alumni, kaum  radikalis  berusaha  merekrut  siswa-siswa  sekolah  untuk  dijadikan pengikut mereka. Tulisan ini berusaha mengungkapkan bagaimana peran guru Pendidikan  Agama  Islam  (PAI)  dalam  mencegah  paham  radikalisme  Islam  di SMA Sejahtera 01 Depok.

Keywords


radikalisme; rohis; guru PAI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.