Efektivitas Pendidikan Profetik Dalam Menumbuhkan Budaya Cinta Kasih Siswa Kelas IX Di Pondok Pesantren (MTs) Himmatul Aliyah Depok

Arif Mulyadi, Muhammad Muchdi Ardansyah

Abstract


Tumbuhnya  budaya  individualistik  yang  menjurus  pada  pemujaan terhadap kebendaan telah menimbulkan degradasi moral pada masyarakat, sehingga  budaya  cinta  kasih  telah  menjadi  luntur.  Untuk  mengembalikan arah tujuan pendidikan nasional, yaitu menciptakan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu dan cakap, maka sistem pendidikan profetik adalah salah satu jawaban atau jalan keluar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Keberadaan dan efektivitas pelaksanaan sistem pendidikan  profetik  siswa  kelas  IX  di  Pondok  Pesantren  (MTs)  Himmatul Aliyah Depok; (2) Apakah sistem pendidikan ini telah mampu menumbuhkan budaya cinta kasih di lingkungan Pondok Pesantren. Informasi tentang tema penelitian digali langsung oleh peneliti, dengan teknik observasi partisipasif, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik pengujian:  perpanjangan  keikutsertaan,  ketekunan  pengamatan,  triangulasi dan  diskusi  dengan  teman  sejawat  dan  dengan  analisis  data  kualitatif. Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut:  (1)  Keberadaan  dan pelaksanaan sistem pendidikan profetik telah terbukti berlangsung di Pondok Pesantren Himmatul Aliyah Depok. Hal ini dibuktikan dengan Kurikulum yang diajarkan di Pesantren ini cukup seimbang antara mata pelajaran ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umumnya, di sisi lain kegiatan ekstrakurikuler lebih mengarah pada kegiatan peningkatan keimanan Islam; (2) Sistem pendidikan Profetik telah terbukti mampu menumbuhkan budaya cinta kasih di lingkungan pondok  pesantren,  hal  ini  bisa  diamati  dari  tingkat  kesopanan,  kepatuhan, kepedulian dan kerukunan yang terjalin antara santri dengansejawat, santri dengan ustaz, santri dengan lingkungan.

Keywords


Pendidikan Profetik; budaya cinta kasih; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Buku

al-Jauziah, Ibnu al-Qayyim. Madarij al-Salikin. Cet-I. Diterjemahkan oleh Kathur Suradi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1998.

Batubara, Muhyi. Sosiologi Pendidikan. Cet-I. Jakarta: Ciputat Press, 2004.

D. Syaiful Bahri & Asuran Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Dauilay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Cet-II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Deddy Mulyana & Jalaluddin Rakhmat. Komunikasi Antarbudaya: Panduang Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Fakhruddin, Asef Umar. Menjadi Guru Favorit! I. Yogyakarta: DIVA Press, 2009.

Gie, The Liang. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

H, Raymond. Buku Ajar Pendidikan dalam Perawatan. I. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2009.

Jamal, Khalid. Ajari Aku Cinta. Translated by Budiman Mustofa. Surakarta: Ziyaad Book, 2007.

Kasan, Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan. III. Jakarta: Studia Press, 2009.

KBBI, Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Marzuki. Meneladani Nabi Muhammad saw dalam Kehidupan Sehari- Hari. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Munandar, Sulaeman. Ilmu Budaya Dasar: Suatu Pengantar. Cet-I. Bandung: Eresco, 1998.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet-I. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Purwanto, Yadi. Etika Profesi Psikologi Profetik Perspektif Psikologi Islami. Cet-I. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Rahardjo, M. Dawam. Ensiklopedia Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina, 1996.

Roqib, Moh. Prophetic Education: Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press, 2011.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Cet-II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Cet-I. Bandung: Alfabeta, 2011.

Salahudin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Shadily, John M. Echols & Hassan. Kamus Inggris-Indonesia. Cet.-II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Siagian, Mondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Aksara, 400.

Sirry, Mun’im A. Fiqih Lintas Agama. 1. Jakarta: Paramadina-The Asia Foundation, 2003.

Sulaeman, M. Ilmu Budaya Dasar: Pengantar Ke Arah Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Cet.-15. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Wahyu, Ramdhani. Ilmu Budaya Dasar. Cet-I. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Zuhairi Misrawi & Novriantoni. Doktrin Islam Progresif. Cet-I. Jakarta: Mizan, 2003.

Sumber Lain

Sumber Lain:KPAI, Data. “Kasus Tawuran Pelajar di Jabodetabek.” 2013-2015. Muasaroh. literaturbook.blogspot.com. 2014. (accessed April 6, 2015).

Qadar, Nafisyul. Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Plan International & International Center for Research on Women, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam has been indexed in :

Google Scholar Profile for SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam by clicking here



_____________________________________
SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam
STAI Madinatul Ilmi, Depok
ISSN Online 2503-1651

Jl. Kampus (Pakis) Raya Sawangan Kota Depok